Gimana sih Jadi Customer Service yang Baik?

Customer Service adalah gerbang awal yang dapat menentukan produk kita dapat terbeli atau tidak.

Customer Service, jika dari namanya saja. Berati harus memberikan pelayanan yang sebaik mungkin.

Selain pelayanan, Anda sebagai Customer service juga harus tahu beberapa hal:

  1. Pengetahuan Produk

Jangan sampai, kita sudah jualan, berikan pelayanan terbaik namun tidak tahu jualan apa. Warnanya apa saja, cocoknya buat apa aja. Pengetahuan produk sangat penting dikuasai oleh para customer service, Anda juga bisa menambah pengetahuan Anda dengan mencAri referensi hal-hal yang sebidang dengan apa yang Anda jual.

  1. Skill

Dalam membahas skill, beberapa skill yang harus Customer Serrvice kuasai…

Mendengarkan dan Merespon dengan Baik

Customer datang biasanya membutuhkan solusi, dan minta didengarkan. Simak terlebih dahulu masalah yang mereka alami, lalu beri solusi yang terbaik. Tentunya solusinya dengan produk kita. Beri juga rekomendasi produk yang sesuai dengan masalah mereka.

Handling Komplen

Dalam berjualan, kita mungkin sesekali melakukan khilaf dan kesalahan. Dalam mengatasi hal itu, kita harus belajar dari kasus per kasus agar semakin tahu cara meresponnya.

  • Meminta Maaf

Jangan lupa Meminta maaf apabila produk yang kita berikan salah kirim atau mengalami kerusakan.

  • Berterimakasih

Tidak semua produk yang kita jual akan sesuai dengan harapan customer. Biasanya mereka memberikan saran dan kritik. Untuk itu jangan lupa ucapkan terimakasih kepada mereka.

Attittude

Sikap Customer Service hal penting bagi setiap customer. Biasakan selain memberikan pelayanan terbaik, dibarengi dengan attidue yang baik pula ya! Biasanya hal itu dengan berbicara ramah dan sopan santun saat menghadapi customer. Jika dalam hal ini jualan online, Anda bisa memberikan emoticon kepada customer agar menunjukan sikap yang baik.

Fast Respon

Sebagai Customer Service kita juga harus memiliki semangat untuk berjualan, dengan cara fast respon. Fast respon bisa dijadikan tanda bahwa kita memang niat menanggapi customer dan menimalisir customer kabur karena kita terlalu lama membala